Sabtu, 03 Juli 2010

Warga Putuskan Kembalikan Tabung 3kg ke Pertamina

Sumber : Media Indonesia

MALANG--MI: Warga Kota Malang, Jawa Timur (Jatim), akan mengembalikan tabung elpiji 3 kilogram (kg) dan kompor kepada Pertamina setelah banyak kasus elpiji ukuran itu yang meledak di berbagai daerah.

Niatan untuk mengembalikan tabung elpiji 3 kg tersebut disepakati oleh warga melalui rapat pengurus Rukun Tetangga (RT) 2 Rukun Warga 2, Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Menurut Ketua RT setempat Cahyono kepada Media Indonesia, Jumat (2/7), rapat yang menghasilkan keputusan mengembalikan tabung elpiji 3 kg kepada Pertamina tersebut dilakukan atas permintaan warga.

Sejumlah warga menyatakan khawatir terjadi musibah tabung elpiji meledak seperti kasus di sejumlah daerah. "Warga, terutama ibu-ibu, menyampaikan kepada pengurus RT bahwa mereka khawatir menggunakan tabung elpiji 3 kg," kata Cahyono.

Setelah banyak warga mengeluhkan hal serupa, lanjut dia, pengurus RT menggelar rapat. Memutuskan seluruh warga secara sukarela berniat mengembalikan tabung elpiji dan kompor kepada Pertamina.

"Sebanyak 60 kepala keluarga sudah bersedia mengembalikan tabung elpiji. Teknisnya nanti tabung-tabung elpiji 3 kg dikumpulkan, kemudian secara kolektif diserahkan kepada Pertamina," tegasnya.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk rasa khawatir warga terhadap standar keamanan tabung elpiji ukuran itu yang di banyak tempat sering meledak hingga menimbulkan korban jiwa.

Sebagai contoh paling nyata, beberapa waktu lalu, ledakan gas elpiji 3 kg merusak tiga rumah dan menewaskan seorang warga di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang belum memiliki rencana untuk meneliti ulang standar keamanan tabung, kompor dan regulator elpiji yang sudah beredar di masyarakat.

"Kami sudah sering melakukan pantauan di lapangan," tegas Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pasar Pemkab Malang Syakur Kullu.

Ia menegaskan belum mendapatkan surat pemberitahuan dari pihak terkait untuk melakukan penarikan terhadap tabung elpiji 3 kg. (BN/OL-3)

0 komentar:

Posting Komentar