Sabtu, 03 Juli 2010

Thomas Alva Edison, si Penemu Phonograph

Sumber : Jawapos

Nikmati Suara Musik dengan Cara Menggigit

Phonograph merupakan mesin pertama yang bisa memainkan, menyimpan, dan merekam suara. Alat yang termasuk canggih pada zamannya itu ternyata ditemukan si penemu bola lampu, Thomas Alva Edison.

---

Sosok Thomas Alva Edison memang lebih dikenal sebagai tokoh yang berjasa menemukan bola lampu. Namun, pria yang dilahirkan di Kota Milan itu ternyata juga berjasa dalam menemukan alat perekam dan pemutar suara bernama phonograph. Hebatnya, penemuan-penemuannya itu didapat dengan tidak mengikuti sekolah.

Edison hanya merasakan bangku sekolah selama tiga bulan. Sebab, menurut guru-gurunya, dia tidak bisa mengikuti pelajaran. Ibunya yang seorang guru akhirnya mengajar Edison di rumah.

Meski Edison tidak sekolah, sejak kecil, dia menunjukkan sifat keingintahuan yang mendalam. Bahkan, sebelum mencapai usia sekolah, dia mampu membedah hewan-hewan, bukan untuk menyiksa, tapi murni didorong karena rasa ingin tahunya.

Saat Edison beranjak 9 tahun, ibunya memberikan buku ilmiah tingkat sekolah dasar kepadanya. Sebagian isi buku itu mengenai cara bereksperimen di rumah. Dari situlah Edison terpancing melakukan berbagai eksperimen. Saat usianya 10 tahun, Edison membangun lab pertama di kamar bawah tanah rumahnya.

Karena keuletannya bereksperimen, ayahnya sampai merayu Edison ke atas dengan uang "suapan". Pintarnya, Edison memakai uang suapan ayahnya itu untuk terus membeli bahan eksperimen.

Sampai akhirnya di usia 12 tahun, Edison mulai kehilangan pendengaran. Itu terjadi saat dia berada di gerbong barang kereta api untuk bereksperimen. Saat itu kondektur kereta api memukul telinganya ketika Edison asyik bereksperimen. Dia pun terluka saat kondektur menariknya ke kereta yang bergerak dengan menarik kupingnya.

Justru keadaan itu membuat Edison senang. Dia mengatakan bahwa hilangnya pendengaran membuat dirinya lebih bisa berkonsentrasi pada eksperimen. Awal mula penemuan-penemuan Edison diakui dunia pun berawal dari sini.

Edison mendapat hak paten pertama untuk alat electric vote recorder. Tapi, tidak ada yang tertarik membelinya. Karena itu, dia beralih ke penemuan yang bersifat komersial. Penemuan pertamanya yang bersifat komersial adalah pengembangan stock ticker. Edison menjual penemuaannya ke perusahaan dan mendapat USD 40 ribu.

Uang tersebut digunakan Edison untuk membuka perusahaan dan laboratorium di Menlo Park, New Jersey. Di laboratorium itulah dia menelurkan berbagai penemuan yang kemudian mengubah pola hidup sebagian besar orang-orang di dunia.

Tepat pada 1877, dia menemukan phonograph. Karena sulit mendengar, Edison pun menggigit phonograph itu. Hal tersebut dimaksudkan agar getaran phonograph disalurkan melalui gigi ke telinga bagian dalam. Edison pun bisa mendengar suara. (dya/bs/c7/kkn)

0 komentar:

Posting Komentar