Sabtu, 03 Juli 2010

Jalan Raya Porong Ambles 5 Cm per Bulan

Sumber : Media Indonesia

SIDOARJO--MI: Dampak semburan lumpur Lapindo menyebabkan Jalan Raya Porong dan rel kereta api mengalami penurunan rata-rata lima centimeter per bulan.

Penurunan tanah ekstrem ini sebenarnya terjadi di areal pusat semburan namun kemudian meluas di areal sekitarnya. Areal sekitar pusat semburan yang paling terasa dampak penurunan itu adalah jalan raya dan rel kereta api Porong.

Jalan raya dan rel kereta api yang paling parah mengalami penurunan tanah ini, lokasinya sepanjang satu kilometer dari pintu eksit jalan tol Porong di Desa Ketapang Kecamatan Tanggulangin hingga Desa Jatirejo Kecamatan Porong.

Penurunan tanah ini terjadi karena keluarnya lumpur secara terus menerus selama lebih dari empat tahun. Keluarnya lumpur dalam volume besar melebihi angka 12 juta meter kubik tersebut menyebabkan terbentuknya lubang dalam perut bumi.

BPLS mencatat penurunan tanah di jalan raya dan rel kereta sejak pertengahan tahun 2008 hingga awal 2010 sudah mencapai 90 centimeter. Dan penurunan tanah itu akan terus terjadi hingga batas waktu yang tidak diketahui.

"Saya kira selama lumpur masih keluar maka ancaman penurunan tanah akan terus terjadi," kata Wakil Kepala Humas Badan Pelaksana BPLS Akhmad Kusairi, Jumat (2/7). (HS/OL-3)

0 komentar:

Posting Komentar