Sabtu, 03 Juli 2010

Setara dengan Bunyi Pesawat

Sumber : Jawapos

Setara Bunyi Pesawat
MP3 player di tangan, headset dipasang, musik disetel kencang-kencang. Wow, asyik sekali memang. Apalagi, pas kejebak macet di perjalanan, musik jadi teman terbaik untuk menghilangkan kebosanan. Hati-hati, kalo nggak hati-hati bisa-bisa kita jadi tuli! Lho? Kok bisa?

Berdasar penelitian Profesor Peter Rabinowitz, sekitar 75 persen remaja memutar musik dengan intensitas bunyi di atas 85 desibel. Angka itu berbahaya buat telinga kita. Yang lebih parah, intensitas tersebut bisa meningkat menjadi 120 desibel saat kita memakai headset.

Tahu nggak 120 desibel itu seberapa? Itu setara dengan intensitas bunyi pesawat lepas landas! Bisa dibayangkan bukan betapa bahayanya? Hal itu memang sering tidak disadari karena kita sudah terlalu asyik dengan musik.

Dr Angela Loavenbruck dari America Academy of Audilogy merekomendasikan noise reducing earbuds. Juga jangan menyetel suara melebihi 60 persen. "Sekarang mungkin baik-baik saja, tapi dampaknya akan terasa saat menginjak umur 40-an ke atas," ujar Dr Angela. (daf/bs/c7/kkn)

0 komentar:

Posting Komentar