Selasa, 29 Juni 2010

Susah Naikkan ARPU, XL Pilih Garap Komunitas

Sumber : detikinet

Bandung - Ke depan, ARPU (Average Revenue per User) diyakini akan semakin turun. Karenanya XL Central Region mengelus-elus komunitas untuk mendulang ARPU.

Seperti diungkapkan oleh Vice President XL Central Region, Kencono Wibowo kepada detikINET usai acara pisah sambut VP XL Central Region di Eastern, Istana Plaza, Senin (28/12/2009) sore.

"Dulu ARPU pelanggan kita yang postpaid mencapai Rp 250 ribu. Kemudian turun dan pasti akan turun. Saat ini ARPU kita di kisaran Rp 35 ribu," paparnya.

Melihat kondisi seperti itu, pria yang baru 1 Januari 2010 resmi menjadi nahkoda XL Central Region (Jabar, Jateng dan DIY) ini menargetkan komunitas sebagai salah satu tempat mendulang rupiah.

"Kita akan garap komunitas. Baik komunitas pelajar dan mahasiswa atau komunitas religius. Saat ini komunitas menjadi daya tarik kami," ungkap pria yang akrab dipanggil Pak Wok ini.

Komunitas dijadikan sebagai salah satu pendulang rupiah oleh XL karena melihat tren persaingan komunikasi tahun depan yang akan bergeser ke data dan komunitas. Bahkan Pak Wok pun memprediksikan pertumbuhan voice akan melambat pada tahun depan.

Namun pada dasarnya kebutuhan voice dan SMS masih tetap tinggi. "Voice dan SMS tetap tinggi. Hanya melambat saja pertumbuhannya. Sekarang kalau dulu pada 2007-2008 kita bersaing di harga. Pada 2009 saat sudah stabil, lari ke imej dan kapasitas. Nah tahun depan ini data dan komunitas. Makanya kita tidak mau kehilangan momen untuk menggarap lebih detil lagi komunitas yang ada," tuturnya.

( afz / wsh )

0 komentar:

Posting Komentar