Selasa, 29 Juni 2010

AS Siap 'Serang' Situs-Situs Asing

Sumber : detikinet.com

akarta - Amerika Serikat siap menyatakan perang pada situs-situs milik negara lain. Sasaran tembak kali ini adalah situs yang menyediakan produk bajakan seperti film, musik dan piranti lunak.

Hal itu disampaikan Joe Biden, Wakil Presiden AS, seperti dikutip detikINET dari Reuters, Rabu (23/6/2010). Menurut Biden, apa yang dilakukan situs-situs asing yang menjual produk bajakan karya produsen di AS adalah sama saja dengan pencurian.

"Tak berbeda dengan orang berjalan di Fifth Avenue dan memecahkan jendela Tiffany's lalu mengambil apa saja yang ada di situ," ujar Biden membuat perumpamaan dengan merujuk pada toko perhiasan Tiffany's yang ada di jalan Fifth Avenue, New York.

Biden tak menyebutkan nama situs yang akan jadi sasaran tembak AS. Namun ia menegaskan akan menekan pemerintahan tempat situs-situs itu berada dengan mengungkapnya secara blak-blakan.

"Saat kami menunjukkan pada pemerintah negara asing akan adanya oknum yang melakukan bisnis ilegal di wilayah mereka, adalah tanggungjawab pemerintahan negara itu untuk merespon," tutur Biden.

Tidak disebutkan sanksi apa yang akan dikenakan AS pada negara yang tidak mau merespon dengan menutup situs yang dimaksud. Selama ini US Trade Representative Office disebut telah melakukan berbagai upaya untuk menutup situs yang ada di Russia, China dan beberapa negara lain.

( wsh / wsh )

0 komentar:

Posting Komentar